Wartaperang - Presiden Perancis Fran├žois Hollande pada hari Kamis mengatakan lebih dari 30 warga Perancis yang pergi untuk berperang di Suriah telah tewas, AFP melaporkan.

Selama pidato di KTT G7 di Brussels, Hollande menyerukan peningkatan kerjasama dan berbagi intelijen di antara anggota G7 mengenai jihad melawan Barat di Suriah.

"Kami telah memutuskan kerjasama untuk mencegah, menghalangi dan menghukum jenis gerakan, yang dapat membahayakan keamanan kita sendiri", katanya, mengacu pada gerakan militan Islam di Eropa.

Dia mencontohkan penembakan pada 24 Mei di Museum Yahudi di Brussels di mana warga negara Perancis yang pergi ke Suriah ditangkap.

Pihak berwenang Perancis telah mengatakan sekitar 300 warga negara Perancis muda telah pergi ke Suriah dan telah mengambil bagian dalam pertempuran di sana.
Pemimpin G7 sepakat pada hari Rabu untuk meningkatkan upaya untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh pejuang asing yang pergi ke Suriah.

Sebuah sumber diplomatik Inggris mengatakan kepada AFP bahwa pembicaraan itu dimaksudkan untuk "meninjau sumber daya dan keahlian" dari negara, dan mempertimbangkan apa yang dapat dilakukan dalam hal "kerjasama dengan negara-negara" yang berbatasan dengan Suriah.

sumber: ZA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top