wartaperang - Dua wartawan Spanyol yang diculik di Suriah tahun lalu oleh kelompok al-Qaeda telah dibebaskan, koran El Mundo melaporkan pada hari Minggu.

"Pada 21:27 ( waktu Spanyol 2027 GMT Sabtu) koresponden veteran El Mundo Timur Tengah Javier Espinosa mengatakan mereka telah dibebaskan dan diserahkan kepada militer Turki", kata surat kabar itu dalam situsnya, seperti dikutip Agence France -Presse.

Espinosa dan sesama sandera freelance fotografer Ricardo GarcĂ­a Vilanova diculik, bersama dengan seorang jurnalis Spanyol ketiga, di sebuah pos pemeriksaan dekat perbatasan Turki ketika mereka mencoba untuk keluar Suriah pada akhir misi pelaporan selama dua minggu.

Espinosa disebut kantor El Mundo pada Sabtu malam dan mengatakan mereka berada dalam kesehatan yang baik, tambahnya. Surat kabar itu mengatakan dua wartawan akan terbang kembali ke Madrid pada hari Minggu, tanpa menentukan kapan waktunya.

"Kebahagiaan murni", tulis pacar Espinosa, wartawan Monica Garcia Prieto, di Twitter Minggu pagi, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Beberapa bulan yang sulit. Kami tahu akan menunggu lama tapi Anda tidak pernah bisa biasa untuk itu", kata direktur halaman internasional El Mundo itu, Ana Alonso Montes.

"Anda tidak pernah tahu kapan saat pembebasan akan datang, meskipun kami tidak pernah meragukan itu akan datang" katanya kepada radio nasional.

Surat kabar itu mengidentifikasi para penculik sebelumnya sebagai anggota Negara Islam Irak dan Syam ( ISIS ), sebuah faksi jihad di Suriah.

Surat kabar itu telah membuat penculikan tak terdengar kabar sampai Desember sementara itu mereka menghubungi para penculik lewat perantara. Dikatakan pada saat itu bahwa para penculik tidak membuat tuntutan.

Wartawan ketiga yang diculik, Marc Marginedas, koresponden harian Catalan El Periodico, dibebaskan awal bulan ini.

Sementara mereka yang hilang, Soazig Dollet, juru bicara Reporters Without Borders, mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa semua organisasi kebebasan pers, bersama dengan El Mundo, bekerja untuk pembebasan mereka.

"Kita semua berjuang untuk pembebasan wartawan sampai menit terakhir dan pembebasan semua wartawan diculik atau hilang di Suriah" katanya.

sumber: alarabiya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top