wartaperang - Seorang anak migran Lebanon - Wakil Presiden Michel Temer akan mengambil kemudi negara kelima yang paling padat penduduknya di dunia pada hari Kamis setelah senat Brazil menempatkan Presiden Dilma Rousseff diadili karena melanggar hukum anggaran.

ldii menurut mui .adv - Orang-orang yang telah bekerja dengan Temer mengatakan dia orang yang tenang dan memiliki sifat yang langka dalam politik Brasil - kesabaran untuk mendengarkan sekutu dan maupun musuh politiknya.

Tantangan yang dihadapinya adalah menakutkan. Brazil terperosok dalam resesi terburuk sejak 1930-an dan ia harus membuat gerakan yang cepat untuk mengembalikan kepercayaan. Rousseff dan Partai Pekerja-nya (PT) telah memberikan cap kepada Temer sebagai pengkhianat dan mengatakan bahwa impeachment sama dengan kudeta.

Temer bentrok dengan Rousseff lima bulan yang lalu, yang menuduhnya meminggirkan dia. Dia telah memilih beberapa menteri kunci yang dikritik berat di dunia politik dan bisnis Brasil dan jelas akan mengambil pendekatan ekonomi yang lebih liberal daripada Rousseff yang kiri.

Ia mengasah keahliannya selama beberapa tahun di Kongres Brazil, dimana dia adalah sekutu baik untuk Presiden Fernando Henrique Cardoso dan pemimpin sayap kiri Luiz InĂ¡cio Lula da Silva.

Temer, 75 tahun, mendapatkan reputasi untuk tetap di atas keributan. Dia jarang mengangkat suaranya, dikatakan tidak pernah mengutuk dan menahan diri dari gerakan liar dan sandiwara yang digunakan rekan-rekannya selama perdebatan.

"Temer adalah tegas, tapi tidak agresif. Dia berbicara, tapi tidak terlalu banyak. Dia menahan diri. Namun dia telah menunjukkan dia bisa bernegosiasi dengan siapa pun, di sebelah kanan atau kiri," kata Eliane Cantanhede, seorang komentator politik dengan koran Estado de S.Paulo dan Globo TV yang meliput wakil presiden selama beberapa dekade.

Pendukung berharapan bahwa ini akan memungkinkan dia untuk menyelesaikan sesuatu.

"Dia membangun jembatan politik dan akan dapat memenangkan dukungan kongres untuk melaksanakan reformasi yang diperlukan untuk menghidupkan kembali perekonomian dan sistem politik kita," kata Darcisio Perondi, anggota dari Partai Demokrat Brasil dimana Temer berada (PMDB) yang telah dikenal wakil presiden selama dua dekade.

Tapi ada beberapa keraguan bahkan di antara mereka ingin melihat perubahan.

Meskipun pasar saham Brasil dan mata uang menguat pada prospek pemerintah Temer yang ramah bisnis, beberapa investor telah menyuarakan keprihatinan pada gaya kepemimpinan low-profile-nya.

Mereka khawatir dia tidak akan cukup untuk mengontrol momen kekacauan politik, dan bahwa ia tidak akan mampu menahan oposisi ganas dari PT yang berikrar bila pemerintah sekarang tidak sah.

Politisi Puitis

Temer, seorang sarjana konstitusional, memiliki beberapa ciri yang tidak biasa.

Ayah dari lima anak menikah dengan mantan kontestan kecantikan yang 43 tahun lebih muda yang telah mentato namanya di lehernya. Temer juga telah merilis sebuah buku puisi berjudul "Anonymous Intimacy."

Puisi singkat yang telah ditulis di serbet pesawat saat ia melakukan perjalanan dari ibukota Brasilia ke pangkalannya di Sao Paulo. Ini termasuk pujian untuk bentuk perempuan dan sindiran miring politik terpolarisasi di Brasil.

Dia memiliki sikap yang rendah tapi tidak memercikkan kesombongan. Beberapa tahun yang lalu, ia menjalani operasi hidung yang mengkoreksi septum menyimpang tetapi juga dia mengakui untuk meningkatkan penampilannya.

Jika Rousseff dihukum dalam sidang Senat, Temer akan tetap di kantor sampai pemilihan presiden berikutnya di 2018. Namun dia mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan itu - tidak mengejutkan, mengingat survei terbaru dari grup polling Datafolha menunjukkan hanya 1 persen dari mereka yang disurvei akan memilih dia.

Selama 15 tahun, ia telah memimpin PMDB, kelompok regional terfragmentasi tanpa ideologi yang konsisten, namun yang memegang kursi lebih banyak di Kongres dari yang lain.

sumber: al-arabiya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top